Menjelajahi Keindahan Alam dan Satwa di Taman Margasatwa Serulingmas

Posted on

Taman Margasatwa Serulingmas adalah sebuah destinasi wisata yang tak hanya mempesona dengan keindahan alamnya. Tetapi juga memberikan pengalaman edukatif yang berharga bagi para pengunjungnya.

Terletak di wilayah Banjarnegara, Jawa Tengah, taman margasatwa ini menawarkan kesempatan luar biasa bagi pengunjung untuk berinteraksi dengan beragam satwa liar sambil memperluas pengetahuan mereka tentang keanekaragaman hayati.

Menjelajahi Keindahan Alam dan Satwa di Taman Margasatwa Serulingmas
flickr.com

Mengenal Taman Margasatwa Serulingmas

Jika Anda berkunjung ke Banjarnegara, maka jangan lewatkan untuk mempur ke taman margasatwa di sana. Ada banyak kebun binatang yang bisa Anda datang salah satunya adalah Serulingmas.

Mulanya, Taman Serulingmas ini merupakan hutan yang sejak tahun 1994 sudah dilakukan penghijauan. Peresmian taman ini berlangsung pada tanggal 21 Agustus 1997 oleh Jenderal TNI Susilo Sudarman yang kala itu masih menjabat sebagai ketua Serulingmas (Seruan Eling Banyumas). Pada waktu itu, Susilo Sudarman juga turut menyumbangkan Harimau yang hingga sekarang ini sudah banyak meninggalkan keturunannya.

Hanya berjarak 1 km dari pusat kota Banjarnegara, pengunjung bisa menjangkaunya dengan kendaraan pribadi. Namun juga tersedia berbagai transportasi umum seperti ojek sepeda motor, dokar, hingga angkutan kota.

Sejauh mata memandang di taman ini, pengunjung bisa menikmati menawannya lembah Sungai Serayu di bagian barat. Kemudian di sisi lainnya, ada Bendungan Banjarcahyana hasil peninggalan pemerintah Hindia-Belanda 1939.

Keindahan Alam yang Memesona

Taman Margasatwa Serulingmas dikelilingi oleh alam yang memukau. Anda akan merasa seolah-olah berada dalam hutan yang alami ketika berjalan-jalan di area ini. Pohon-pohon rindang dan berbagai jenis vegetasi memberikan lingkungan yang ideal bagi beragam jenis satwa liar yang ada di taman ini.

Selama berkunjung, Anda akan dapat melihat berbagai jenis satwa liar, termasuk burung- burung eksotis, mamalia, reptil, dan amfibi. Keanekaragaman satwa yang ada di taman ini menciptakan pengalaman alam yang tak terlupakan dan cocok untuk semua kalangan.

Edukasi dan Konservasi

Salah satu tujuan utama Margasatwa Serulingmas adalah untuk memberikan pendidikan tentang satwa liar dan konservasi kepada pengunjung. Taman ini menyelenggarakan berbagai program pendidikan yang melihatkan pengunjung, terutama anak-anak, dalam pengenalan terhadap satwa liar dan habitatnya.

Hal ini memberikan kesempatan emas bagi anak-anak untuk memahami pentingnya melestarikan alam dan menjaga ekosistem yang sehat. Margasatwa Serulingmas juga aktif dalam pelestarian spesies-spesies yang terancam punah.

Mereka berperan penting dalam usaha konservasi dan pemulihan beberapa spesies satwa yang langka. Mengunjungi Taman Margasatwa Serulingmas ini akan memberikan Anda wawasan yang lebih mendalam tentang upaya konservasi satwa liar.

Harga Tiket dan Jam Operasional Serulingmas

Harga tiket masuk ke Margasatwa Serulingmas sangat terjangkau, menjadikannya pilihan yang ekonomis untuk berlibur bersama keluarga. Untuk tiket dewasa dihargai sekitar Rp20.000 sementara anak-anak hanya membayar Rp10.000. Untuk wisatawan mancanegara, tiket dewasa seharga Rp40.000, dan anak-anak hanya Rp20.000. Anak di bawah 3 tahun diperbolehkan masuk secara gratis.

Taman Margasatwa Serulingmas bisa dijadikan tempat terbaik untuk Anda yang ingin liburan bersama keluarga. Anda bisa mengajarkan kepada anak anak mengenai berbagai burung dan satwa liar lainnya.