Taman Satwa Taru Jurug, Keanekaragaman Hayati di Tengah Kota Surakarta

Posted on

Taman Satwa Taru Jurug tidak hanya sekedar kebun binatang, tetapi juga representasi kekayaan alam dan kehidupan satwa Indonesia. Dengan usianya yang telah mencapai puluhan tahun, taman ini menjadi saksi bisu perkembangan keanekaragaman hayati di tengah urbanisasi.

Terletak strategis dekat dengan berbagai institusi pendidikan dan pusat kota Solo, Taman Taru Jurug menawarkan pengalaman edukatif yang mendalam bagi pengunjung dari segala usia. Mulai dari koleksi satwa langka hingga fasilitas modern yang memadukan kenyamanan dan keindahan alam, taman ini menjadi destinasi wisata yang tak terlupakan di Jawa Tengah.

Taman Satwa Taru Jurug
sibukliburan.id

Taman Satwa Taru Jurug Surakarta

Taman Taru Jurug, yang telah berdiri kokoh sejak tahun 1939, merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Karena berdiri sejak lama itulah yang menjadikan Taman Taru Jurug juga terbilang sebagai destinasi wisata sejarah.

Terletak di sebelah timur wilayah administratif Kota Solo, taman ini berbatasan dengan Kabupaten Karanganyar. Dikelilingi juga oleh institusi pendidikan ternama, seperti Universitas Sebelas Maret dan Institut Seni Indonesia Surakarta.

Lokasi dan Fasilitas

Lokasi tepatnya dapat ditemukan di Jl. Ir. Sutami No.109, Jebres, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57126. Dengan jam operasional pukul 08:00-16:00 WIB, Taman Satwa Taru Jurug menawarkan pengalaman berlibur yang mempesona. Harga tiket masuk pun terjangkau, yakni Rp20.000 untuk hari biasa dan Rp25.000 untuk akhir pekan.

Selain itu, fasilitas parkir kendaraan juga tersedia dengan tiket parkir seharga Rp5.000 untuk mobil dan Rp3.000 untuk motor. Bagi yang ingin menikmati lebih banyak waktu di taman ini, tersedia penginapan dengan harga Rp300.000.

Rute dan Aksesibilitas

Berbagai pilihan rute dapat diambil untuk mencapai Taman Taru Jurug. Jika menggunakan kendaraan umum, dari Stasiun Balapan Solo, pengunjung dapat berjalan kaki ke Terminal Tirtonadi melalui jembatan skywalk, lalu naik bis jurusan Matesih/Sragen/Tawangmangu dan turun di Taman Taru Jurug.

Alternatif lainnya adalah dari Stasiun Purwosari, menggunakan Batik Solo Trans koridor 1 rute Kartasura-Palur, dan turun di halte Jurug 1 depan Taman Taru Jurug. Aksesibilitas menuju objek wisata ini terbilang mudah, baik dengan motor maupun mobil, karena jalan yang beraspal memudahkan perjalanan.

Pengalaman Wisata

Selain keindahan alam dan keanekaragaman hayati yang dapat ditemukan di Taman Taru Jurug, pengunjung juga dapat menikmati fasilitas lain. Seperti area parkir, toilet, tempat sampah, rumah makan, dan mushola. Ada juga kereta mini yang dapat digunakan dengan tiket seharga Rp3.000.

Dengan harga tiket yang terjangkau dan beragam fasilitas yang ditawarkan, Taman Taru Jurug menjadi destinasi wisata keluarga yang sempurna di tengah kota Solo. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi keindahan alam dan kehidupan satwa di Taman Satwa Taru Jurug saat berada di Solo!